Home » » Kampung Siaga Bencana "Pantai Panjang" di Bentuk

Kampung Siaga Bencana "Pantai Panjang" di Bentuk

Written By NAGARI TANJUNG SANI on Rabu, 07 Desember 2011 | 15.31

Bertempat di Jorong Batu Nanggai Nagari Tanjung Sani, kegiatan Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana Bahaya Tanah Longsor dilaksanakan. Kegiatan yang merupakan kerjasama Kementrian Sosial RI dengan Sekolah Pasca Sarjana UGM Jogjakarta ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang telah diikuti oleh perangkat daerah Kabupaten Agam beberapa waktu yang lalu di LPP Garden Hotel Jogjakarta.
Diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari 4 jorong yang ada di Nagari Tanjung Sani yaitu Jorong Pandan, Galapung, Batu Nanggai dan Muko Jalan tokoh masyarakat dan juga anggota Tagana Kab Agam. Kegiatan ini difokuskan pada pembentukan Kampung Siaga Bencana dimana pada dasarnya masyarakat dipersiapkan untuk selalu siaga menghadapi bencana baik sebelum maupun setelah bencana. Masyarakat dipersiapkan untuk memahami “Siapa dan mengerjakan apa”.
Diawali sambutan Wali Nagari Tanjung Sani Yefri, menyampaikan kondisi geografis Nagari Tanjung Sani setelah Bencana Gempa Bumi 30 September 2009 yang lalu. “bagi kami pasca gempa 30 September 2009 itu, merupakan awal dari datangnya rentetan bencana lain yang sampai saat ini masih menjadi momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat” ungkap Wali Nagari ini.
Sedangkan Syatria S.Sos.M.Si Camat Tanjung Raya mengharapkan kepada masyarakat agar memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baik nya sebagai modal dan pengetahuan didalam menghadapi bencana yang memang kerap terjadi diwilayah Nagari Tanjung Sani ini.
Dibuka langsung oleh H M Khudri M.Pd Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Agam, dilanjutkan dengan pembekalan bencana khususnya bencana tanah longsor, pada puncaknya dibentukalah struktur organisasi Kampung Siaga Bencana ini dengan A Imam Bagindo terpilih menjadi ketuanya yang diberi nama Kampung Siaga Bencana “Pantai Panjang” dan langsung dilanjut dengan pelantikan oleh Yusrizal atas nama Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Agam.
Direncanakan selama 3 hari kegiatan ini akan ditutup dengan simulasi bencana tanah longsor dengan mengerahkan seluruh masyarakat yang ada.

Fhoto Lain Silahkan Lihat Disini

Silahkan Bagikan Artikel ini :
 
Nagari Tanjung Sani Jl Lingkar Maninjau Km 23 Sigiran Kec Tanjung Raya Kab Agam 26472 email : info@nagari-tanjungsani.net
Copyright © 2009 - Website Resmi Nagari Tanjung Sani - All Rights Reserved
Support by Al-Quran dan Terjemahan | Materi SMA